Rabu, 24 April 2013

Facebook

       Sejarah
Mark Zuckerberg menciptakan Facemash, pendahulu Facebook, tanggal 28 Oktober 2003 ketika berada di Harvard sebagai mahasiswa tahun kedua. Menurut The Harvard Crimson, situs ini mirip dengan Hot or Not, dan menggunakan "foto yang diperoleh dari Facebook (buku wajah) daring di sembilan asrama, menempatkan dua foto berdampingan pada satu waktu dan meminta pengguna memilih yang mana yang paling seksi".
Untuk menyelesaikannya, Zuckerberg meretas ke bagian jaringan komputer Harvard yang dilindungi dan menyalin gambar-gambar ID pribadi asrama. Harvard pada waktu itu tidak memiliki "buku wajah" (direktori berisi foto dan informasi dasar) mahasiswa. Facemash menarik 450 pengunjung dan 22.000 tampilan foto pada empat jam pertama mengudara.
Situs ini langsung diteruskan ke beberapa server grup kampus, namun dimatikan beberapa hari kemudian oleh administrasi Harvard. Zuckerberg dihukum karena menembus keamanan kampus, melanggar hak cipta, dan melanggar privasi individu, dan terancam dikeluarkan. Namun, hukuman tersebut dibatalkan. Zuckerberg memperluas proyek awalnya ini pada semester tersebut dengan membuat peralatan studi sosial untuk menghadapi ujian finalsejarah seni, dengan mengunggah 500 lukisan Augusta ke situs webnya, dengan satu gambar per halaman disertai kotak komentar. Ia membuka situs tersebut kepada teman sekelasnya, dan mereka mulai saling berbagi catatan.
Pada semester berikutnya, Zuckerberg mulai menulis kode untuk situs web baru pada Januari 2004. Ia terinspirasi, katanya, oleh editorial The Harvard Crimson tentang insiden Facemash.  Pada 4 Februari 2004, Zuckerberg meluncurkan "The Facebook" yang awalnya berada di situs web TheFacebook.com.
Enam hari setelah situs ini diluncurkan, tiga senior Harvard, Cameron Winklevoss, Tyler Winklevoss, dan Divya Narendra, menuduh Zuckerberg sengaja mengalihkan mereka agar mereka percaya ia membantu mereka membuat jejaring sosial bernama HarvardConnection.com, sementara ia menggunakan ide mereka untuk membuat sebuah produk saingan. Ketiganya mengeluh kepada Harvard Crimson, dan surat kabar ini memulai sebuah investigasi. Tiga senior tersebut mengajukan tuntutan hukum terhadap Zuckerberg yang akhirnya diselesaikan.
Keanggotaan awalnya dibatasi kepada mahasiswa Harvard College saja, dan pada bulan pertama, lebih dari setengah mahasiswa sarjana di Harvard terdaftar di situs ini. Eduardo Saverin (pebisnis), Dustin Moskovitz (programer), Andrew McCollum (seniman grafis), dan Chris Hughes segera bergabung dengan Zuckerberg untuk membantu mempromosikan situs web ini. Bulan Maret 2004, Facebook memperluas diri ke Stanford, Columbia, dan Yale. Situs ini kemudian dibuka ke sekolah Ivy League lain, Universitas Boston, Universitas New York, MIT, dan secara perlahan beberapa universitas di Kanada dan Amerika Serikat.
Facebook diinkorporasikan pada musim panas 2004, dan pengusaha Sean Parker, yang sering memberi saran kepada Zuckerberg, diangkat sebagai presiden perusahaan. Bulan Juni 2004, Facebook memindahkan pusat operasinya ke Palo Alto, California.


4 Februari 2004 - TheFacebook.com diluncurkan pertama kali di Universitas Harvard.
 Juni 2004 - TheFacebook pindah ke Palo Alto, California.
September 2004 - Menambahkan aplikasi untuk menulis komentar di wall.
Desember 2004 - Pengguna Facebook mencapai 1 juta orang.
Agustus 2005 - TheFacebook.com berubah menjadi Facebook.com.
September 2005 - Facebook memperbesar jangkauan kepada pelajar sekolah menengah atas.
Oktober 2005 - Aplikasi foto dirilis pertama kali.
Desember 2005 - Pengguna Facebook mencapai 5,5 juta orang.
April 2006 - Facebook versi mobile dirilis pertama kali.
Agustus 2006 - Facebook bekerjasama dengan Microsoft dan aplikasi Notes dirilis pertama kali .
September2006 - Facebook meluncurkan news feed dan pengguna melawan pengaturan privasi.
Desember 2006 - Pengguna facebook mencapai 12 juta orang.
May 2007 - Facebook melakukan konferensi dalam meluncurkan aplikasi-aplikasi Facebook dengan para pengembang aplikasi.
Agustus 2007 - Facebook meluncurkan versi iPhone.
Oktober 2007 - Microsoft berinvestasi di Facebook secara besar-besaran.
November 2007 - Facebook meluncurkan program periklanan.
Maret 2008 - Facebook menambahkan kontrol privasi pada daftar pertemanan.
April 2008 - Facebook meluncurkan aplikasi chatting Juli 2008 - Facebook connect dirilis.
Februari 2009 - Facebook memperkenalkan fitur "Like".
Desember 2009 - Pengguna Facebook mencapai 350 juta orang.
April 2010 - API Open Graph diluncurkan.
Juni 2010 - Pengguna Facebook mencapai 500 juta orang.
Agustus 2010 - Facebook Places diluncurkan.
Desember 2010 - Majalah Time menobatkan Mark Zuckerberg sebagai "Person of the Year".
Januari 2011 - Facebook senilai USD 50 miliar.

       Konsep
Facebook memiliki konsep sebagai media jejaring sosial dimana Pengguna dapat membuat profil diri mereka sendiri yang dilengkapi foto/video, daftar ketertarikan pribadi, informasi kontak, dan informasi pribadi lain (tanggal lahir, tempat tinggal,pendidikan, pekerjaan, hobi, dan bisa mendeskripsikan tentang diri sendiri).
Para pengguna juga bisa menambah kenalan atau yang biasa kita sebut dengan teman (friends). Trend penggunaan facebook sebagai media jejaring sosial tidak jauh-jauh dari mengekspresikan semua hal yang kita alami, dan membagikannya dengan pengguna lain (yang disebut friends) melaui fitur update status dan diketik di dalam kolom yang bertuliskan “what’s on your mind” yang nantinya akan tampil pada home/timeline. Facebook juga dilengkapi  fitur pesan pribadi (fitur message) atau umum (disebut dengan wall to wall)  dan fitur obrolan (chating). Mereka juga dapat membuat dan bergabung dengan grup ketertarikan dan “halaman kesukaan” (dulu disebut “halaman penggemar” hingga 19 April 2010).

       Teknologi
Faktanya Facebok “hanyalah” situs LAMP (Linux-Apache-MySQL-PHP), namun telah memperluas operasinya dan memasukkan banyak unsur-unsur lainnya dan memodifikasinya. Lalu ada custom-written systems, seperti Haystack, sebuah object store yang sangat scalable digunakan untuk melayani foto-foto di Facebook yang banyak sekali, atau Scribe, sistem logging yang dapat beroperasi pada skala Facebook. Sekarang mari kita bahas (sebagian dari) perangkat lunak (software) yang digunakan Facebook dalam menyediakan situs jejaring sosial terbesar di dunia.

Linux & Apache
             Bagian ini cukup jelas. Linux adalah Unix seperti kernel sistem operasi komputer. Ini open source, mudah disesuaikan, dan baik untuk keamanan. Facebook menjalankan sistem operasi Linux di Apache HTTP Server. Apache juga open source gratis dan merupakan web server yang paling populer di gunakan.

MySQL
     Untuk database, Facebook menggunakan MySQL karena kecepatan dan kehandalan. MySQLdigunakan terutama sebagai penyimpan nilai kunci sebagai data secara acak didistribusikan diantara set besar kasus logis. Contoh-contoh logis tersebar di seluruh node fisik dan load balancing yang dilakukan di tingkat simpul fisik.
          Sejauh kustomisasi yang bersangkutan, Facebook telah mengembangkan skema partisi kustom di mana ID global ditugaskan untuk semua data. Mereka juga memiliki skema pengarsipan kustom yang didasarkan pada bagaimana data yang sering dan aktual pada basis per-user. Data yang paling aktual didistribusikan secara acak.
         VP Teknologi Facebook, Jeff Rothschild memberikan beberapa rincian pada konferensi pengguna MySQL terakhir. Rothschild mengatakan Facebook sekarang berjalan 10.000 server, termasuk 1.800 server MySQL yang diawasi oleh hanya dua database administrator.

PHP
         Facebook menggunakan PHP karena itu adalah bahasa pemrograman web yang baik dengan dukungan luas dan komunitas pengembang yang aktif dan hal ini baik untuk iterasi yang cepat. PHP adalah bahasa pemrograman script yang dinamis.

Memcache
Memcache adalah sistem caching memori yang digunakan untuk mempercepat database website dinamis (seperti Facebook). Dengan caching data dan objek dalam RAM untuk mengurangi waktu membaca. Memcache adalah media cache utama Facebook membantu meringankan beban database.
Memiliki sistem caching memungkinkan Facebook untuk bisa sangat cepat memanggil data Anda. Karena tidak harus pergi ke database, memcache hanya akan mengambil data Anda dari cache berdasarkan ID pengguna Anda.

Cassandra
Cassandra adalah sistem open source yang berfungsi sebagai menejemen database terdistribusi. Facebook kemudian mengembangkannya dengan NoSQL dan menggunakannya untuk fitur Inbox Search.

HipHop for PHP
PHP, sebagai scripting language, relatif lambat bila dibandingkan dengan kode yang berjalan secara native di server. HipHop mengubah PHP menjadi kode C++ yang kemudian dapat dikompilasi untuk menghasilkan performa yang lebih baik.
Hal ini telah memungkinkan Facebook untuk mengoptimalkan server webnya karena ia sangat bergantung pada PHP untuk melayani konten. Sebuah tim kecil engineer (awalnya hanya tiga orang) di Facebook menghabiskan 18 bulan mengembangkan HipHop, dan sekarang telah di produksi.

Haystack
Haystack adalah sistem penyimpanan/pencarian foto berkinerja tinggi pada Facebook (Sesungguhnya Haystack adalah sebuah penyimpanan object, sehingga tidak menyimpan foto). Ia mengerjakan kerja berat, ada lebih dari 20 miliar foto yang diunggah di Facebook, dan masing-masing disimpan dalam empat resolusi yang berbeda, menghasilkan lebih dari 80 miliar foto.
Dan hal tersebut bukan hanya tentang kemampuan menangani miliaran foto, kinerja juga sangatlah penting. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Facebook melayani sekitar 1,2 juta foto per detik, angka yang tidak termasuk gambar/foto dilayani oleh CDN Facebook.

       Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan
·         Memiliki fasilitas chat dan video call.
·         Interfacenya menarik, tidak banyak iklan yang bermunculan.
·         Memiliki banyak aplikasi yang bisa langsung di akses melaluli akun facebook.
·         Pencarian dan permintaan pertemanan sangat mudah.
·         Mudah berbagi file, foto, event, dll.
·         Bisa dijadikan tempat promosi suatu komunitas, usaha, atau platform untuk bermain game.
·         Adanya fitur grup membuat hubungan antar pengguna menjadi semakin erat, karena mempunyai komunitas atau hobi yang sama.
·         Dan masih banyak lagi….

Kekurangan
·         Tidak bisa memodifikasi template, kursor, background, dll.
·         Profile dibuat berdasarkan informasi pribadi, sehingga ada kemungkinan disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
·         Alur informasi masih kalah cepat dengan twitter.
·         Laman Home facebook terkadang sangat tidak nyaman, jika ada beberapa teman yang statusnya sangat mengganggu.
·         Tidak bisa mengetahui lawan bicara, berbagi file dan foto karena setiap teman bisa melihatnya.

       Keamanan
Menurut saya pribadi, keamanan di facebook untuk melawan para hacker dan cracker cukup baik. Sampai sekarang saya belum menemukan artikel mengenai data aku-akun pengguna facebook yang dicuri oleh pihak asing. Memang beberapa kali facebook berhasil di”bobol” oleh beberapa orang, tapi pihak facebook sendiri mengklaim bahwa tidak ada informasi/data-data dari pengguna facebook yang dicuri.

Paling-paling yang kurang dari facebook hanyalah kurangnya ruang privasi. Pengguna facebook tidak tahu dengan siapa ia berbagi file, foto, dll yang di posting di wall/dindingnya, karena semua teman bisa melihat dan mengakses file dan foto tersebut. Menurut saya, terkadang ada beberapa post yang harus kita tahu siapa saja yang melihat dan siapa saja yang mengakses, sehingga kita bisa mengontrol alur informasi yang kita bagikan tersebut.

       Pemanfaatan dan Pengembangan Masa Depan
·         Facebook dapat dimanfaatkan sebagai media pengiklanan baru, baik untuk usaha kecil menengah, ataupun oleh perusahaan besar.
·         Akan lebih bagus lagi jika facebook segera membuat fitur seperti “Hangout”-nya G+. Para pengguna bisa berbagi “resources” dan mengerjakannya dalam waktu yang bersamaan.
·         Mungkin kedepannya facebook bisa dijadikan pusat informasi untuk event-event yang sedang ataupun akan diselenggarakan.
·         Facebook juga bisa digunakan sebagai tempat kampanye para partai politik.



Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Facebook
http://id.shvoong.com/humanities/history/1946922-sejarah-facebook/
http://forum.viva.co.id/iptek/68694-inilah-sejarah-perkembangan-facebook-dari-tahun-ke-tahun.html
http://www.asal-usul.com/2009/03/facebook-data-dan-fakta-sejarah.html
http://ribunni.wordpress.com/2012/03/09/ulasan-tentang-facebook/#more-339
http://www.brainwares.com/2011/06/bckf/
http://blog.dikutip.com/2011/06/daftar-software-yang-digunakan-facebook.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar