A. Definisi Web Science
Web science adalah ilmu pengetahuan
untuk membuat dan memanipulasi web. Web adalah kumpulan halaman yang dapat
menampilkan informasi berupa gambar, animasi, tulisan, suara maupun gabungan
dari keseluruhannya yang bersifat statis atau dinamis yang dapat membentuk
rangkaian yang saling terkait yang dihubungkan dengan banyak link. Science
adalah ilmu pengetahuan yang didapat dan bisa menjadi pengetahuan bagi
masyarakat untuk memberi informasi yang akurat.
Web Science didirikan pada tahun 2006
dengan nama Web Science Research Initiative (WSRI). Web Sicence ini awalnya
adalah hasil dari Memorandum of Understanding antara MIT CSAIL dan University
of Southampton, ECS. Ambisinya adalah mengkoordinasi dan mendukung sentralisasi
pembelajaran World Wide Web. Sejak pertama kali diluncurkan, konsep Web Science
sudah menyebar secara meluas dan mengukuhkan diri sebagai area aktifitas yang
penting.
Aktifitas WSRI fokus pada:
(i)
artikulasi
agenda penelitian untuk komunitas scientific
(ii)
mengkoordinasi pengembangan materi
pembelajaran Web Science dan
(iii)
mengikat
pemikiran tentang kepeminpinan pada sektor yang berkembang ini.
“Web science is the socio-technical science that investigates how
the World Wide Web evolves given the regulations, technology and
content imposed, engineered and contributed, respectively, as an effect of
human behavior and how the Web vice versa affects human behavior. An earlier
definition was given by American computer scientist Ben Shneiderman:
"Web Science" is a term that refers to processing the information
available on the web in similar terms to those applied to natural environment.”
Jadi web science adalah ilmu yang
menyelidiki bagaimana World Wide Web berkembang yang berpengaruh terhadap
teknologi, perilaku manusia dan segala aspek yang berhubungan dengannya. Dimana
dengan mengetahui web science ini, diharapkan dapat memudahkan manusia dalam
mencari informasi, khususnya di internet.
Web science jg bisa diartikan sebagai
suatu sistem di internet yang menyediakan informasi secara elektronik, dimana
informasi tersebut dapat diakses oleh berbagai institusi ilmu pengetahuan agar
bisa menyediakan dan memberikan informasi. Informasi dapat berupa Data-data
seperti Tulisan, gambar, video dan suara dan dapat diakses kapanpun oleh
institusi ilmu pengetahuan tersebut.
B. Sejarah Web
Sejarah Web bermula di European
Laboratory for Particle Physics (lebih dikenal dengan nama CERN), di kota
Geneva dekat perbatasan Perancis dan Swiss. CERN merupakan suatu organisasi
yang didirikan oleh 18 negara di Eropa. Dibulan Maret 1989, Tim Berners dan
peneliti lainnya dari CERN mengusulkan suatu protokol sistem distribusi
informasi di Internet yang memungkinkan para anggotanya yang tersebar di
seluruh dunia saling membagi informasi dan bahkan untuk menampilkan informasi
tersebut dalam bentuk grafik.
Web Browser pertama dibuat dengan
berbasiskan pada teks. Untuk menyatakan suatu link, dibuat sebarisan nomor yang
mirip dengan suatu menu. Pemakai mengetikkan suatu nomor untuk melakukan
navigasi di dalam Web. Kebanyakan software tersebut dibuat untuk
komputer-komputer yang menggunakan Sistem Operasi UNIX, dan belum banyak yang
bisa dilakukan oleh pemakai komputer saat itu yang telah menggunakan Windows.
Tetapi semua ini berubah setelah munculnya browser Mosaic dari NCSA (National
Center for Supercomputing Applications).
Di bulan Mei 1993, Marc Andreesen dan
beberapa murid dari NCSA membuat Web browser untuk sistem X-Windows yang
berbasiskan grafik dan yang mudah untuk digunakan. Dalam beberapa bulan saja,
Mosaic telah menarik perhatian baik dari pemakai lama maupun pemakai baru di
Internet. Kemudian NCSA mengembangkan versi-versi Mosaic lainnya untuk komputer
berbasis UNIX, NeXT, Windows dan Macintosh.
C.
Web 1.0 2.0 3.0
Web 1.0 merupakan teknologi awal dari
website, dimana pembuat sebagai pemberi informasi dan pengguna hanya sebagai
pembaca (seperti membaca koran lewat computer, aktifitasnya hanya searching
saja). Bahasa yang digunakan pada web ini masih berupa HTML saja. Secara garis
besar, sifat Web 1.0 adalah Read. Lalu, tak lama kemudian muncullah Web 2.0
yang merupakan revolusi bisnis di industri komputer yang disebabkan oleh
penggunaan internet sebagai platform, juga merupakan suatu percobaan untuk
memahami aturan untuk mencapai keberhasilan platform baru.Sifat Web 2.0 adalah
Read-Write. Era Web 2.0 tidak membutuhkan orang jenius yang hanya berkutat
sendiri di ruang tertutup atau laboratorium untuk membuat teknologi baru yang
dipatenkan agar membuat dirinya menjadi terkenal. Tapi era ini lebih
membutuhkan orang untuk saling berbagi ilmu, pengalaman atau lainnya sehingga
terbentuk komunitas online besar yang menghapuskan sifat-sifat individu.
Yang menjadi kunci perbedaan dalam
Web 2.0 dan Web 1.0 adalah keterbatasan pada Web 1.0 yang mengharuskan pengguna
internet untuk datang ke dalam website tersebut dan melihat satu persatu konten
di dalamnya.Sedangkan Web 2.0 memungkinkan pengguna internet dapat melihat
konten suatu website tanpa harus berkunjung ke alamat situs yang
bersangkutan.Kemampuan web 2.0 dalam melakukan aktivitas drag and drop, auto
complete, chat, voice dapat dilakukan layaknya aplikasi desktop.
Selanjutnya adalah Web 3.0, jika
dunia seluler dikenal istilah 3G, maka di Internet ada yang namanya Web 3.0.
Wow, apa pula ini? Apa bedanya dengan Web 2.0 yang sekarang sedang marak?
Jangan salah, ternyata orang Indonesia juga sudah ada yang
mengembangkannya.Konsep ini dapat diandaikan sebuah website sebagai sebuah
intelektualitas buatan (Artificial Intelegence).Aplikasi – aplikasi online
dalam website dapat saling berinteraksi, kemampuan interaksi ini dimulai dengan
adanya web service. Di web 3.0 ini, sudah terjadi konvergensi yang sangat dekat
antara dunia TI dengan dunia telekomunikasi. Dunia web dan telco berkembang
pesat seiring dengan kebutuhan pengguna. Penggunaan perangkat TI dan
telekomunikasi nantinya sudah seperti sama saja tidak ada bedanya. Saat ini
saja pertanda seperti itu sudah mulai bisa kita rasakan walaupun masih belum
sempurna. Kita bisa menonton tivi di ponsel atau komputer, bisa mengakses
internet di ponsel, bisa melakukan SMS dan telepon dari komputer. Ya karena
konvergensi terhadap berbagai perangkat seperti hukum alam yang tidak bisa
dielakkan. Semua mengalami evolusi menuju dunia yang lebih maju.
D.
Arsitektur Web & Aplikasinya
Arsitektur artinya pemetaan sesuatu
untuk mencapai tujuan dan konsep yang diinginkan. Jadi arsitektur web adalah,
pemetaan atau cetak biru konsep-konsep jaringan web agar fungsi, manfaat dan
informasi dari web itu dapat tersampaikan dengan baik. Komponen yang mendukung
arsitektur web :
·
JavaScript
JavaScript adalah bahasa pemrograman
berbasis prototipe yang berfungsi pada halaman web dengan meletakannya secara
internal pada halaman html diantara tag atau dibuat pada file terpisah (
eksternal ). Secara fungsional, Javascript digunakan untuk menyediakan akses
script pada objek yang dibenamkan ( embedded ). Contoh sederhana dari penggunaan
javascript adalah membuka halaman pop up.
·
XML
(Extensible Markup Language)
XML (Extensible Markup Language)
merupakan bahasa web turunan dari SGML (Standart Generalized Markup Language)
yang ada sebelumnya. XML hampir sama dengan HTML, dimana keduanya sama-sama
turunan dari SGML. Teknologi XML dikembangkan mulai tahun 1966 dan mendapatkan
pengakuan dari Worl Wide Web Consortium (W3C) pada bulan Februari 1998.
Sedangkan SGML sendiri telah dikembangkan pada awal tahun 1980-an. Pada saat
HTML dikembangkan pada tahun 1990, para penggagas XML mengadopsi bagian paling
penting SGML dan dengan berpedoman pada pengembangan HTML menghasilkan bahasa
markup yang tidak kalah hebatnya dengan SGML.XML tidak mempunyai definisi
secara tepat karena ada yang berpendapat bahwa XML bukanlah suatu bahasa
pemrograman,melainkan XML merupakan sintaks yang digunakan untuk menjelaskan
bahasa markup lain (Dournaee,2002), sehingga dinamakan meta-language. Meskipun
demikian pendapat yang XML bukan merupakan bahasa markup, didasarkan bahwa XML
merupakan bahasa markup terpisah untuk tujuan terpisah.
·
AJAX
AJAX (Asynchronous JavaScript and
XML) adalah komponen yang berfungsi menghindari page reload sehingga
memberikan sebuah fitur yang cukup kompleks pada website seperti validasi data
secara realtime, drag n drop dan fitur-fitur lain yang belum dimiliki web
biasa. Dengan AJAX, suatu aplikasi web dapat mengambil data kemudian diolah di
client melalui request asynchronous HTTP yang diinisiasi oleh Javascript,
sehingga dapat mengupdate bagian-bagian tertentu dari web tanpa harus memanggil
keseluruhan halaman web. Request ini dapat dieksekusi dalam beberapa cara dan
beberapa format transmisi data.
·
Hypertext
Transfer Protocol (HTTP)
HTTP adalah sebuah protokol jaringan
lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi,
kolaboratif, dan menggunakan hipermedia. Penggunaannya banyak pada pengambilan
sumber daya yang saling terhubung dengan tautan, yang disebut dengan dokumen
hiperteks, yang kemudian membentuk World Wide Web pada tahun 1990 oleh
fisikawan Inggris, Tim Berners-Lee. Hingga kini, ada dua versi mayor dari
protokol HTTP, yakni HTTP/1.0 yang menggunakan koneksi terpisah untuk setiap
dokumen, dan HTTP/1.1 yang dapat menggunakan koneksi yang sama untuk melakukan
transaksi. Dengan demikian, HTTP/1.1 bisa lebih cepat karena memang tidak usah
membuang waktu untuk pembuatan koneksi berulang-ulang.Pengembangan standar HTTP
telah dilaksanakan oleh Konsorsium World Wide Web (World Wide Web
Consortium/W3C) dan juga Internet Engineering Task Force (IETF), yang berujung
pada publikasi beberapa dokumen Request for Comments (RFC), dan yang paling
banyak dirujuk adalah RFC 2616 (yang dipublikasikan pada bulan Juni 1999), yang
mendefinisikan HTTP/1.1.
·
WWW
(World Wide Web)
WWW (World Wide Web) adalah kumpulan
web server dari seluruh dunia yang berfungsi menyediakan data dan informasi
untuk dapat diakses bersama, informasi disini tidak hanya berupa teks tetapi
bisa juga berupa gambar, suara, video dan animasi. Fasilitas ini tergolong
masih baru dibandingkan surel (email). Dokumen web disimpan atau dibuat dengan
format HTML (Hypertext Markup Language). Suatu halaman dokumen informasi dapat
terdiri atas teks yang saling terkait dengan teks lainnya atau bahkan dengan
dokumen lain. Keterkaitan halaman lewat teks ini disebuthypertext.
·
URL(
universal resource locator)
URL( universal resource locator)
adalah konsep penamaan lokasi standar dari suatu file, direktori, computer, dan
lokasi komputernya sesuai dengan metode yang digunakan. URL tidak hanya dapat
menunjuk ke suatu file tapi dapat juga menunjuk suatu query, dokumen dalam
suatu database atau hasil dari perintah finger atau perintah archie. secara
umum dapat digambarkan penulisan url : “metode://nama_file[:nomor_port]”. Jenis
metode yang digunakan pada url adalah file, http, news, gopher, atau telnet.
Berikut aplikasi – aplikasi yang
mendukung arsitektur web :
1.
CSS
CSS (Cascading Style Sheet) adalah aplikasi yang berfungsi untuk membuat, mengatur tampilan web dengan bahasa HTML dan XHTML. CSS dapat mengendalikan ukuran gambar, warna body teks, warna tabel, ukuran border, warna border, warna hyperlink, warna mouse over, spasi antar paragraf, spasi antar teks, margin kiri/kanan/atas/bawah, dan parameter lainnya.CSS adalah bahasa style sheet yang digunakan untuk mengatur tampilan dokumen. Dengan adanya CSS memungkinkan kita untuk menampilkan halaman yang sama dengan format yang berbeda.
CSS (Cascading Style Sheet) adalah aplikasi yang berfungsi untuk membuat, mengatur tampilan web dengan bahasa HTML dan XHTML. CSS dapat mengendalikan ukuran gambar, warna body teks, warna tabel, ukuran border, warna border, warna hyperlink, warna mouse over, spasi antar paragraf, spasi antar teks, margin kiri/kanan/atas/bawah, dan parameter lainnya.CSS adalah bahasa style sheet yang digunakan untuk mengatur tampilan dokumen. Dengan adanya CSS memungkinkan kita untuk menampilkan halaman yang sama dengan format yang berbeda.
2.
PHP
PHP (Hypertext Preprocessor) adalah salah satu aplikasi pembuat web yang terkenal, sama hal nya dengan CSS, PHP menggunakan bahasa HTML. PHP diciptakan oleh programmer unix dan Perl yang bernama Rasmus Lerdoft pada bulan Agustus-September 1994. Pada awalnya, Rasmus mencoba menciptakan sebuah script dalam wesite pribadinya dengan tujuan untuk memonitor siapa saja yang pernah mengunjungi website-nya.
PHP (Hypertext Preprocessor) adalah salah satu aplikasi pembuat web yang terkenal, sama hal nya dengan CSS, PHP menggunakan bahasa HTML. PHP diciptakan oleh programmer unix dan Perl yang bernama Rasmus Lerdoft pada bulan Agustus-September 1994. Pada awalnya, Rasmus mencoba menciptakan sebuah script dalam wesite pribadinya dengan tujuan untuk memonitor siapa saja yang pernah mengunjungi website-nya.
E.
Instruksi Pengelola Internet / Web
Ada beberapa instruksi untuk
mengelola suatu website antaralain :
-
Untuk membuat situs web baru
Penulisan :
iisweb
/ membuat JalurSiteName [/b Pelabuhan] [i IPAddress]
[bumi HostHeader] [/dontstart] [/ s Komputer [/u [Domain\]Pengguna /p Sandi]]
Parameter
yang digunakan oleh Iisweb / membuat digambarkan sebagai berikut:
·
Jalur:
menentukan lokasi file konten untuk situs Web pada komputer lokal. Jika
jalan yang ditetapkan tidak ada, Iisweb menciptakan itu.
·
SiteName:
diperlukan parameter yang menentukan nama dari situs Web.
·
/
b Pelabuhan: menentukan nomor port TCP untuk situs Web. Default port
adalah 80.
·
/i IPAddress:
menentukan alamat IP untuk situs Web. Pengaturan default, Semua
Unassigned, menetapkan situs semua alamat IP pada komputer yang tidak
ditetapkan ke situs lain.
·
bumi HostHeader:
menentukan nama host header untuk situs Web. Secara default, situs tidak
memiliki nama host header dan harus diidentifikasi oleh nomornya alamat atau
port IP.
·
/dontstart:
parameter ini menentukan bahwa situs Web tidak akan dimulai secara otomatis
setelah itu diciptakan.
·
/
s Komputer: menjalankan script pada komputer remote tertentu. Ketik
nama komputer atau alamat IP tanpa garis miring terbalik. Secara default,
script berjalan pada komputer lokal.
·
/u
[Domain\]Pengguna: menjalankan script dengan hak akses account pengguna
tertentu. Account ini harus menjadi anggota grup Administrator pada
komputer remote. Secara default, skrip berjalan dengan izin pengguna saat
ini dari komputer lokal.
·
/p Sandi:
merinci sandi account pengguna yang ditentukan dalam /u parameter.
- Untuk menghapus situs web
Penulisan :
iisweb
/delete Situs web [Situs web...] [/ s Komputer [/u [Domain\]
/pPengguna Sandi]]
Parameter
yang digunakan oleh Iisweb /delete digambarkan sebagai berikut:
·
Situs
web: parameter yang diperlukan yang menentukan unik deskriptif nama atau
metabase jalan situs Web. Jika lebih dari satu situs Web menggunakan nama
deskriptif yang sama, Anda harus menggunakan jalur metabase untuk mengidentifikasi
situs Web.
·
/
s Komputer: menjalankan script pada komputer remote tertentu. Ketik
nama komputer atau alamat IP tanpa garis miring terbalik. Secara default,
script berjalan pada komputer lokal.
·
/u
[Domain\]Pengguna: menjalankan script dengan hak akses account pengguna
tertentu. Account ini harus menjadi anggota grup Administrator pada
komputer remote. Secara default, skrip berjalan dengan izin pengguna saat
ini dari komputer lokal.
·
/p Sandi:
merinci sandi account pengguna yang ditentukan dalam /u parameter.
- Untuk daftar situs web
Penulisan :
iisweb /query Situs web [Situs
web...] [/ s Komputer [/u [Domain\] /pPengguna Sandi]]
Parameter yang digunakan oleh iisweb
/query digambarkan sebagai berikut:
·
Situs
web: batas query ke situs Web tertentu. Menggunakan unik deskriptif nama
atau metabase jalan situs Web. Jika Anda mengabaikan parameter ini, semua
situs Web pada komputer tersedia di layar.
·
/
s Komputer: menjalankan script pada komputer remote tertentu. Ketik
nama komputer atau alamat IP tanpa garis miring terbalik. Secara default,
script berjalan pada komputer lokal.
·
/u
[Domain\]Pengguna: menjalankan script dengan hak akses account pengguna
tertentu. Account ini harus menjadi anggota grup Administrator pada
komputer remote. Secara default, skrip berjalan dengan izin pengguna saat
ini dari komputer lokal.
·
/p Sandi:
merinci sandi account pengguna yang ditentukan dalam /u parameter.
F.
Aspek Hukum & Etika pada Internet
Setiap manusia yang dilahirkan ke dunia ini masing-masing
mempunyai hak dan kewajiban. Tapi hak dari tiap-tiap individu juga dibatasi
oleh hak-hak individu lainnya. Oleh karena itu, terbentuklah etika yang secara
tidak langsung mengatur individu agar tidak menindas hak individu lain dalam
memenuhi haknya. Dan dari etika tersebut akan terlahir hukum yang secara tegas
melindungi hak-hak individu.
Etika dan hukum tidak hanya ada di dunia nyata saja, dunia
maya juga mempunyai etika dan hukum tersendiri, agar orang-orang yang terhubung
dapat dengan nyaman ber-“selancar” ria di internet. Berikut etika dan hukum
pada dunia maya,
·
Etika:
a.
Jangan menyindir, menghina, melecehkan, atau menyerang pribadi
seseorang/pihak lain.
b.
Jangan mengekspose hal-hal yang bersifat pribadi, keluarga, dan
sejenisnya yang bisa membuka peluang orang tidak bertanggung jawab memanfaatkan
hal itu.
c.
Perlakukan pesan pribadi yang diterima dengan tanggapan yang bersifat pribadi
juga, jangan ekspose di forum.
d.
Jangan turut menyebarkan suatu berita/informasi yang sekiranya tidak
logis dan belum pasti kebenarannya, karena bisa jadi berita/informasi itu
adalah berita bohong (hoax). Selain akan mempermalukan diri sendiri orang lainpun
bisa tertipu dengan berita/info itu bila ternyata hanya sebuah hoax.
e.
Andai mau menyampaikan saran/kritik, lakukan dengan personal message,
jangan lakukan di depan forum karena hal tersebut bisa membuat tersinggung atau
rendah diri orang yang dikritik.
f.
Jika mengutip suatu tulisan, gambar, atau apapun yang bisa/diijinkan
untuk dipublikasikan ulang, selalu tuliskan sumber aslinya.
g.
Jangan pernah memberikan nomor telepon, alamat email, atau informasi yang
bersifat pribadi lainnya milik teman kepada pihak lain tanpa persetujuan teman
itu sendri
·
Hukum:
a)
UU No. 11 Tahun 2008 tentang
Informasi dan Transaksi Elektronik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar